IHSG

Index Harga Saham Gabungan

Indeks

Follow

7,178.58

-40.32 (-0.56)

As of Fri 16:52

227,333.05 K

Volume

288,700.44 K

Avg Volume

258,686 Followers

rata2 dapat 1 M,berarti rata2 karyawan $ISAT yg dipecat gajinya 27 jeti (bagi 37 kali) $IHSG

$IHSG will recover! #1403060968

Ngalor-ngidul soal $BEST

Property... sudah 3 bulan saya memperhatikan property business, dan sampai sekarang masih belum berhasil mendapatkan edge dari business ini.

Dari 18 property companies yang lolos screener, dalam kira2 11 tahun antara tahun 2011 sampai dengan 2021 mempunyai total net profit 101 T, tetapi FCF-nya (free-cash-flow) hanya 13 T. Dan 10 dari 18 companies tersebut mempunyai FCF negative. Saya lampirkan di Gambar 1.

Saya memang selalu berpikiran jangan pernah ber-investasi di property, kecuali sanggup menjadi developer property raksasa. Sama seperti saham, property yang sudah pasti bagus dari developer kenamaan itu seperti LQ45-lah, aman tetapi harga sudah mahal, return-nya menjadi kecil. Di luar itu kita tidak pernah tao kapan akan naik harga-nya. Butuh duid, harganya jatuh 50%.

Menjadi developer property raksasa, saya pikir, profit dan cash-flow-nya bakal gila2an karena beli tanah rawa kemudian disulap menjadi Kelapa Gading -- which is inilah model business utama dari developer2 property raksasa. Ternyata saya luar biasa salah, ini industry yg isi-nya forever investment, sekali masuk duid, gak pernah keliatan lagi itu duid. Tidak heran Berkshire tidak pernah invest sekalipun di property company.

Tetapi dipikir2 lagi, kalau sejelek itu gak mungkin kalau grup2 besar tidak terpikir akan hal itu. Dipikir2 lagi kepikiran bahwa untuk property business, mungkin investasi terhadap barang jualan itu sendiri, tidak boleh dianggap sebagai capex. Say kita mendapatkan 1 T dari operation, kemudian bayar pemasok untuk membangun apartemen sebesar 800 milyar, FCF-nya akan menjadi hanya 200 milyar. Tetapi apartemen sebesar 800 milyar ini kan barang jualan, beda dengan misalnya membeli mesin produksi yang notabene adalah calon expenses.

Jadi saya coba "koreksi" FCF terhadap penambahan net property selama kurun waktu FCF itu dihasilkan. Hasilnya saya tabelkan di Gambar 2. Tidak jelek, selama kurang lebih 11 tahun, total net profit adalah 101 T, total FCF + net property adalah 145 T.

Betul sekali nasihat yang mengatakan untuk property compay, PBV menjadi sangat penting. Untuk company lain, penjualan book value biasanya dilakukan pada saat bangkrut atau terjadi operasi yang dihentikan. Untuk property company, book value adalah barang jualan-nya alias dimana sales terjadi!

So cukup ok-lah, saya mulai agak bisa menerima logika-nya property company. Disamping itu market lebih responsif terhadap net profit dibandingkan FCF (ngakuuu siapa yg jarang lihat FCF). Dan betul indikator2nya menunjukkan ini industry yang akan bangkit -- tetapi masih belum sepenuh-nya - dan justru itulah membuat saya mulai menitik-kan air liur.

Property bisa dibagai menjadi 3 segment besar: residential, commercial dan industrial.

Driver utama dari business ini ada 2. Yang pertama tentu saja orang2 banyak duid utk beli residential property dan pergi belanja ke lokasi2 commercial property. Kemudian FDF (foreign-direct-investment), yg sudah pasti di-ikuti dengan DDF (domestic-direct-investment), untuk ber-investasi membuka lokasi2 baru di commercial property dan industrial property. Booming commodity dan growth ekonomi Indonesia yg real (porsi spending government terhadap GDP di bawah 10%) menjamin tersedia-nya 2 driver utama tersebut.

Saya sertakan indikator2 terkait dalam 3 bulan terakhir ini di Gambar 3.

Dari 18 company tersebut, hanya 4 companies yang menunjukkan akan mempunyai growth lumayan meyakinkan di quarter berikut-nya: BEST POLI PWON RDTX. Dan 4 companies lagi yang menunjukkan tanda2 bangkit dari kubur: AMAN CTRA DUTI SMRA. Sisanya masih menunjukkan growth yang minus. Kita fokus dulu ke 4 companies yang sudah menunjukkan growth lumayan. Yang lain2 masih ada waktu. Saya komparasi-kan BEST POLI PWON RDTX di Gambar 4.

Saya adalah pencinta growth dan turnaround, sehingga juara-nya untuk saya jelas adalah BEST dan POLI dengan jarak cukup jauh dengan kedua sisanya (PWON dan RDTX). Tetapi tentu saja, bukan hanya itu yang harus kita lihat.

Problem dari POLI adalah cash yang terlalu sedikit, walaupun LT Debt / Equity-nya relatif kecil. Tidak mempunyai cash is not a good idea di industry yang sangat heavy investment ini. Walaupun saat ini hutang-nya kecil, nanti tao2 bisa berhutang besar karena kekurangan cash.

Dari LK mereka terlihat memang manajemen POLI termasuk manajemen yang nekat. Tahun 2017 dan 2018, ROE mereka sangat tinggi, tetapi disertai juga dengan DER (debt-equity-ratio) yang LUAR BIASA tinggi. Not my investment style. Cash di porto bukan ide yang baik, tetapi business dengan cash terlalu kecil adalah ide yang sangat buruk.

Satu lagi, PBV dari POLI saat ini jauh lebih besar daripada BEST yang membuat upsize dari sales mereka kurang menarik.

PWON ini sangat menarik karena recurring income-nya mencapai hampir 60% sendiri dari revenue-nya karena core business mereka adalah commercial properties. Terlihat ini memberikan daya tahan tubuh yang tinggi selama covid. 2019 masih naik net profit-nya, 2020 dan 2021 masih sanggup profit, di saat retailer2 seperti ENAK yang memiliki Monsieur Spoon hancur lebur.

Kejam-nya business, mereka memberikan diskon sewa untuk tenant2nya -- tetapi hanya cukup supaya tenant2nya tetap sekarat dan anti-mati saja. Porsi cash mereka juga sekitar 30%-an dari market-cap. Problem mereka hanya satu, P/E nya sangat tinggi, sedangkan quarterly growth-nya masih saya proyeksikan di sekitar 10%. Jadi kita tunggu saja sampai mereka prove itu worth-it.

RDTX ini serupa POLI, manajemen nekat minus potential growth-nya POLI. Hebatnya mereka adalah daya tahan tubuh mereka selama covid sangat kuat. Net profit 2020 masih lebih tinggi sedikit dari 2019, dan 2021 tidak turun terlalu dalam. Mungkin karena flagship commercial property mereka adalah perkantoran elite yang dihuni oleh company2 kaya yang tidak terlalu peduli dengan biaya sewa kantor-nya.

In-a-way, ini mungkin menjustifikasi cash mereka yang juga sangat minim selama mereka tidak ber-investasi gila2an. Tetapi ini pula yang membuat potential growth-nya menjadi kurang menarik karena cash hanya 10% dari market cap bisa untuk bikin growth berapa tinggi. Quarterly growth mereka pun masih saya proyeksikan di 15%an. To be fair, ROE (return-on-equity) dari RDTX hampir 10% per tahun, dan dengan PBV yang sebesar 0.8, dalam 2 tahun mereka bisa mencapai posisi cash hampir 30% dari market cap-nya. Saat itu baru mereka menjadi lebih menarik.

********** (Tarik nafas panjang 3x, relax sejenak, untuk saya sendiri, dan kemudian lanjut.) **********

Karena kita baru akan mulai ngobrol ngalor-ngidul soal BEST.

Hitungan potential growth mereka tinggi, tetapi ini masih hitungan forecast kasar saja. Kebetulan sedang rajin dan agak nganggur2, kita coba hitung lebih detail menggunakan trick-nya om @jameshermanto. Utk trick James bisa berjalan balik, kita harus menggunakan hasil dari kondisi yang kurang lebih sama background-nya, so kita gunakan saja data Q1 dan Q2 tahun 2022.

Kita pakai saja dua variable yaitu "V" yang merupakan variable cost yang tergantung dari besar-nya revenue, dan "F" yang merupakan fix cost. Hasil-nya untuk tahun 2022 kita mendapatkan forecast net profit sebesar 338 milyar, lebih besar dari forecast kasar Stockbit yang sebesar 260 milyar. 338 milyar akan membuat P/E mereka menjadi hanya 5. Ada potensi bisa bagger ini kalau market kemudian meng-apresiasi-nya kembali ke P/E saat ini.

Semoga betul, tetapi seperti halnya forecast, either way tidak ada kepastian mana yang lebih valid, just fun to be done. Perhitungan-nya saya show di Gambar 5.

Selain potential growth yang tinggi, yang menarik lagi adalah cash mereka yang cukup stabil sejak mereka IPO di tahun 12. Porsi cash mereka adalah 30%-an dari market-cap-nya. Sebelum itu memang posisi cash mereka sangat kecil, ya thus mereka IPO. Saya sama sekali tidak suka ada cash di porto saya, tetapi saya pencinta cash besar dan hutang kecil di companies yang operating. Cash mereka hampir stabil di atas 500 milyar-an, pernah naik mencapai 1.1 T sebelum turun kembali lagi ke 500 milyar-an.

Selama itu pula pertumbuhan aset mereka, yang majority berisi persediaan property, cenderung naik tetapi dengan rata2 yang tidak bombastis. Dalam business yang terutama-nya heavy investment dan long return seperti ini, menurut saya, sangat penting menjaga kestabilan growth dari aset, seperti inflasi-lah, terlalu besar bahaya, terlalu kecil artinya future growth akan terlalu kecil.

Bahaya karena kalau salah beli aset ya kiamat2 bertahun2 akan suffer. Sedangkan mungkin sudah berhutang terlalu besar, dan hutang terlalu yang besar pasti menghancurkan company dalam kondisi sulit -- dan pasti setiap bisnis akan mengalami kondisi sulit. Kalau beli mesin salah masih bisa scrap, kalau tanah dan bangunan setengah jadi mau buat apa dijual ke siapa.

Saya lampirkan pertumbuhan aset-nya di Gambar 6 -- saya exclude posisi aset tahun 2011 yang merusak data. CAGR growth aset mereka adalah di 10%-an, tetapi perhatikan historical growth dari total aset-nya yang cukup stabil kecuali dari tahun 2012 ke 2013.

(Hati2 ini yang kita hitung adalah growth dari aset, sehingga jangan menggunakan CAGR dari growth sum seperti di sini: https://stockbit.com/post/8728813, cukup menggunakan CAGR growth calculator.)

Satu lagi yang menarik, total profit BEST selama 11 tahun kurang lebih sama dengan FCF + net property-nya. Cakep ini karena semakin menunjukkan mereka punya disiplin keuangan yang bagus. Kalau lebih kecil --> kemana itu duid?? Kalau terlalu besar --> ya tadi ngapain terlalu bernafsu ngumpulin aset sebanyak2nya di luar kemampuan sendiri dengan mengorbankan cash atau menjadi berhutang terlalu besar. Saya yakin selalu ada aset yang sesuai dengan kemampuan kantong sendiri dan tetap maintain a healthy growth.

Fokus mereka ke tenant2 data-center, logistics, kesehatan dan makanan & minuman.

Saya tidak setuju dengan kesehatan karena konon big story-nya adalah orang2 kita jadi lebih sadar kesehatan, but you know lah orang2 kita, kalau Belanda sudah gak kelihatan ngapain jaga2 lagi. Index kesehatan dalam 3 bulan terakhir-pun menunjukkan penurunan.

Makanan & minuman juga ok karena ini business yg defensive. Sayang-nya harga material yang soar-up membuat profit mereka sangat terkoreksi tahun ini.

Logistics diperkirakan tahun ini tumbuh hanya 1.08%, dimana pertumbuhan sub-sektor gudang malah hanya 0.71%. Melihat index Transport dalam 3 bulan ini malah minus 5.86%.

Hanya data center yang lebih meyakinkan. Dari total business data-center tahun 2020 diperkirakan akan tumbuh 2x lipat di tahun 2026. Jadi kira2 ada pertumbuhan 100% / 6 = 17% per tahun. Lokasi MM2100 juga strategis karena termasuk dalam jaringan-nya POWR sehingga bisa mempunyai 2 power line sebagai syarat membangun data-center tier 3 dan 4.

Perkembangan bisnis data center juga sangat didukung oleh Peraturan Presiden Nomor 17 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, menyebutkan bahwa semua perusahaan, khususnya lembaga keuangan, wajib menyimpan data pribadi di pusat data yang berada di dalam negeri. Kemudian, Bank Indonesia melalui Peraturan Bank Indonesia No 9/15/PBI/2007 juga mewajibkan semua bank dan lembaga keuangan harus memiliki mekanisme cadangan melalui fasilitas Disaster Recovery Center (DRC).

Dengan rencana perusahaan untuk membangun klaster data-center dan infrastuktur khusus, menjadikan-nya semakin menarik dan strategik. Data-center terbesar Indonesia DCII juga sudah berada di sana.

Overall, yes, saya setuju BEST adalah company yang potential. Kalau dibandingkan dengan kol2an, tetap saya masih memilih coal dengan reason big dividend dan harga energy yang hampir pasti akan bertahan lebih lama. 40% porto saya masih di ITMG dan 30%-nya di PTBA. Yang membuat galau adalah kalau dibandingkan dengan SMDR, yang saat ini 30% dari porto. Ya, hanya ada 3 companies di porto saya.

Tetapi again, P/E SMDR yang sangat rendah dan cash yang sangat besar, bahkan jika SMDR growth-nya -9% (minus 9%) per tahun sudah bisa menyamai potential-nya BEST. Saya decide BEST masih belum cukup untuk menukar porto.

$IHSG $ITMG $PTBA $SMDR

Read more...

@YansenMr
gua setuju sih bang stockbit itu rumah $IHSG investor/trader berkumpul bahkan ada bandar ngintip.
kehebatan stockbit itu kita bisa ngintip lsg psikolog pasar suatu emiten tertentu yg sangat memudahkan kita untuk memutuskan masuk atau keluar.

gua berharap, setidaknya kecepatan dan kestabilan server agar trader nyaman dan stockbit mendapatkan banyak pemasukan dr fee jual beli.
krn dimanapun harusnya trader itu lebih disayang sekuritas ketimbang investor.

tp klo emg blm bisa yudh gua disini jd investor BRIS ajah deh.

Read more...

Malam Semuanya ❗️
Bergabung Telegram Cek Bio Ya !💰

Hello Cuaners, liburan begini jangan lupa persiapan buat trading senin dong😁
Yuk intip postingan watchlist untuk senin disini:

https://stockbit.com/post/9698074

HATI-HATI DAPET BAGGERS 😘
[AKSES REKOM TERBAIK DI BIO LOH..💎]

Dianalisa kembali ya, bukan ajakan membeli, hanya opini. *Bukan ajakan *disclaimer on
Random Tag: $GOTO $IHSG $BUMI $SLIS $BBCA

Jalan sunyi dan penuh godaan untuk jadi Investor sukses
___________________________________________

Banyak orang bermimpi untuk menjadi orang kaya raya di bursa efek indonesia , tetapi setelah saya mempelajari beberapa investor ulung. ternyata Menjadi investor sukses itu kesepian. karena kita harus mencari jalan yang orang lain tidak mau lalui.

Jalan apa itu?
kita harus hidup sederhana dan hemat. Jangan sampai pengeluaran melebihi.pendapatan yang berakibat kita berhutang.
mampukah kita mengendalikan diri dan membedakan mana kebutuhan dan keinginan. di saat ilmu marketing dan periklanan mampu mendefinisikan sebuah keinginan menjadi seakan sebuah kebutuhan .
contoh gonta ganti smartphone. pakai tas bermerek (bahkan ada yg bela-belain sewa tas mahal ). perhiasan yang terlalu banyak efeknya mubajir. rumah kebanyakan. mobil kebanyakan, motor kredit kebanyakan, belanja impulsif.

Rajin membaca
kebanyakan investor sukses itu sangat rajin membaca. setengah waktu mereka dihabiskan untuk membaca buku-buku dan juga tentunya perkembangan berita sebuah perusahaan.
percayalah banyak membaca itu sangat sangat menguntungkan.

lalu yang tidak kalah pentingnya adalah membaca laporan keuangan
pada awalnya saya benci banget. beneran. tetapi papa saya yang kebetulan juga mantan analis keuangan sebuah bank pernah bilang "Orang kalau mau tau jujur atau tidaknya lihat dari matanya. nah kalau Perusahaan mau tau jujur atau gaknya kamu baca laporan keuangannya.
masih gak yakin juga kamu baca laporan keuangnnya sambil liat mata si pengendali perusahaan pas RUPS "

saya pelajarin dikit-dikit. sambil tanya sana sini. kadang di jawab kadang dicuekin karena ilmu keuangan memang mahal sih ya . hehehe...


lalu kemudian jangan gengsian. semakin gengsi maka semakin mahal hidup anda. jangan mentang - mentang anda naik gaji dan pangkat anda naik juga gaya hidup anda. percayalah itu akan menjauhkan anda dari menjadi investor sukses.

Tetaplah rendah hati dan tidak flamboyan bin glamour.
Jangan suka dengan puja puji orang lain. itu semua racun.
kita tidak tahu maksud hati orang yang memuji.bisa saja lidahnya ular.
begitu pula dengan penampilann. sederhana dan sesuai kebutuhan. Tak usahlah tampil gaya kalau masih beli pakai Easypay kartu kredit. cash is always the king.
Hidup sederhana itu enak lho. tidur tenang dan tidak worry alwasy happy.

lebih baik uang kita investasikan kan ke saham saham yang layak di koleksi .


itulah beberapa pengamatan saya tentang tokoh-tokoh sukses di dunia investasi.
mereka bisa menjadi golongan 1% tentu tidak gratis . ada daya dan upaya untuk menebus predikat "investor sukses".
maukah anda menjalaninya . itu semua terserah anda

Itu saja pemikiran saya malam ini.
semoga mencerahkan malam minggu ini

-Di suatu tempat di Jakarta pusat-
RSP
24 september 2022

Tag yang banyak ritel
$GOTO
$BUKA
$IHSG
$COAL
$BBRI

Read more...

[BERITA SMGR 24 SEPTEMBER 2022]
Bergabung Telegram Cek Bio! 💰

SMGR BORONG SAHAM SMBR❗️
PT Semen Indonesia Tbk ($SMGR) akan menerima pengalihan 7.499.999.999 lembar saham seri B atau 75,51 persen porsi kepemilikan pada PT Semen Baturaja Tbk(SMBR) milik pemerintah.

Rencana itu kian terang setelah pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah nomor 33 tahun 2022 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara kepada modal saham perusahaan SMGR pada tanggal 21 September 2022.

“Dengan pengalihan itu untuk dijadikan tambahan penyertaan modal negera pada SMGR akan mengakibatkan berubah status SMBR dari persero menjadi perseroan terbatas.Tapi saham seri A tetap dimiliki oleh Negara sebagai kontrol sebagaimana diatur dalam anggaran dasar perseroan,” tulis manajemen SMBR.

Dampak lanjutannya, SMGR akan menguasai 75,51 persen saham SMBR dan sisanya yakni sebesar 24,49 persen dipegang oleh masyarakat.

[AKSES REKOM TERBAIK DI BIO YA..🚀]

Analisa kembali, bukan ajakan membeli dan hanya opini disc on

$SLIS $BUMI $IHSG $COAL

Read more...

Akhir-akhir ini Dunia Persantetan alias PerScalperan sedang Gaduh dengan Tread² yg selalu Trending di Stream SB.
Banyak yg mendukung, tak sedikit juga yg Menghujat. Ada yg awalnya menjadi Pengikut tp malah balik membenci.
Ada yg membenci, malah semakin membenci.
Yang menarik adalah Semakin di Benci malah semakin Banyak Followersnya. wkwkwkwwk
Lucunya semakin banyak yg Panik & Kepanasan wkwkwkwwk
Dan yg anehnya, yg di Benci & di Hujat malah makin rajin Membuat Tread. awokwokwok

Klw saya lihat ini polanya sama seperti sebelum²nya. Yah wlwpun saya Investor baru dg julukan Investor angkatan Corona, tp yg terjadi di Stream SB gitu² juga.

Fun Fact nya adalah Ketika nanti yg dibenci Pensiun dari SB sprti Master² terdahulu. Mereka yg Membenci akan menjadi Bingung dg Market, dan pada akhirnya menjadi Santapan Para Pom pomers yg sebenarnya, yg saat ini sedang bersembunyi dibalik topeng membela para NewBie.

Saya cuma mau bilang Selagi ada yg memberi Informasi secara Berbeda, tp dibenci oleh bnyak org. Percayalah itu ilmu terbaik yg tidak akan di temui dlm Grub² yg akan kalian ikuti di Tele maupun WA.

Jgn mau temakan dg Tread² yg mengatasnamakan Membela Para NewBie tp menjatuhkan Org lain. Saat ini Hampir semua (kita sebut Influencer aja ya) menyerang 1 akun yg dianggap meresahkan. Dianggap menyesatkan, dianggap pom pomer. BLA BLA BLA....
Apakah kalian tau apa artinya?

Jika beliau memutuskan Pensiun & tidak menulis Insight lagi di Stream. Mereka yg membenci akan merasa menang & kalian akan menjadi Sasaran Grub berbayar. 🤣


Gak percaya? gak percaya? gak percaya? ya sudah...
Saya juga gak maksa utk percaya.

Intinya sih, Boleh kita membenci tp jgn terllau benci. bermain di Dunia Persantetan Saham mau tdk mau kita harus OPEN MINDED segala sesuatu itu adalah Informasi. Tinggal kita memilah, mana yg baik & benar. Mana yg menjerumuskan...
Ada banyak org memiliki kepentingan diDunia saham.
Termasuk mereka yg sering memberikan Info Saham yg Akan Naik.
Tak salah mengikuti, saya pun juga sering ikutan. Toh Gratis kan wkwkwkwwk....
Tp jgn sampe terlena & terbawa permainan.
Agar tidak menjadi Target Berikutnya. 🤣🤣🤣

Seperti tulisan saya di Atas, kita hnya harus OPEN MINDED. Bukan Insight ataupun ilmu nya yg harus diwaspadai. Tp siasat yg tersirat dlm Perilaku utk menarik Perhatian dg dalih membela pemula. Hingga akhirnya Pemangsa akan memangsa dg membuat mangsa tdk terasa dimangsa.

Dah lah, entah nulis apa aku. Gak pande nulis sok-sok an nulis, Gak jelas wkwkwk

$IHSG $INDO $BUMI $BBRM $BOSS

Read more...

[BERITA BBYB 24 SEPTEMBER 2022]
Bergabung Telegram Cek Bio! 💰

KINERJA MENINGKAT❗️
PT Bank Neo Commerce ($BBYB), salah satu bank digital terdepan di Indonesia secara konsisten menunjukkan pertumbuhan kinerja  positif jelang right issue kuartal IV 2022 mendatang. Bahkan dalam tiga bulan terakhir Bank Neo terus membukukan laba.  Memasuki pengujung kuartal III 2022, Bank Neo menunjukkan pertumbuhan makin meningkat, khususnya jelang right issue pada kuartal IV 2022 mendatang. 

Bank Neo akan melakukan Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD), dengan mengeluarkan sebanyak-banyaknya 5 miliar lembar saham baru. Dana hasil right issue untuk memperkuat modal inti, dan modal kerja pengembangan usaha perseroan. Antara lain berupa penyaluran kredit, dan kegiatan operasional perbankan lainnya. 

Pelaksanaan right issue itu, juga untuk pemenuhan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 12/POJK. 03/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum yang mewajibkan setiap bank umum memiliki modal inti minimum Rp3 triliun hingga akhir tahun 2022.   Sebagai langkah Bank Neo dalam pengembangan usaha dengan aktif mengeluarkan produk, dan fitur inovatif pada aplikasi neobank. Terbaru yaitu fitur pembayaran QRIS.  

Konsistensi Bank Neo dalam memperkenalkan berbagai fitur inovatif tentu berimbas terhadap peningkatan indikator kinerja. Itu tercermin dalam laporan keuangan Agustus 2022, terlihat dari kenaikan atas pendapatan berbasis komisi (fee based income) 11,05 persen menjadi Rp230,9 miliar Agustus 2022 dibanding posisi Juli 2022, sebesar Rp207,9 miliar, dan naik 88,10 persen dari akhir Desember 2021 sejumlah Rp122,8 miliar. 

Itu membuktikan fitur dan produk tersebut aktif digunakan nasabah Bank Neo saat ini sudah berjumlah lebih dari 19 juta.  ”BNC sebagai bank umum, dan perusahaan terbuka, berkomitmen mematuhi peraturan, dan perundangan berlaku, termasuk kewajiban pemenuhan modal inti. Saat ini kami sudah di tengah-tengah proses pelaksanaan right issue, dan tentu akan rampung pada kuartal IV tahun ini. Dari sisi bisnis, kami juga selalu memberikan layanan keuangan terbaik dengan terus menambah fitur-fitur dan produk-produk inovatif dapat menjadi solusi atas kebutuhan finansial dan transaksi Nasabah. Itu tercermin dari pencapaian-pencapaian positif kami dapatkan beberapa bulan terakhir,” tegas Direktur Utama Bank Neo Commerce Tjandra Gunawan.

[AKSES REKOM TERBAIK DI BIO YA..🚀]

Analisa kembali, bukan ajakan membeli dan hanya opini disc on

$SLIS $BUMI $IHSG $COAL

Read more...

bosen predict saham
coba predict $IHSG$GOTO$BUKA$DEWA$ARTO

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diprediksi melemah usai Bank Indonesia mengumumkan kenaikan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin menjadi 4,25 persen kemarin.Pada perdagangan Kamis (22/9/2022), setelah pengumuman suku bunga BI, IHSG secara mengejutkan berakhir menguat 0,43 persen atau ...

bisnis.com

bisnis.com

$BUMI
$BUMI

si sb ini terlalu banyak yg bahas $BUMI

emang ga ada saham COAL yang lebih bagus keuangannya??

$IHSG

Pond, UK Central Bank, history repeat? 😮 😮 😮

$IHSG

buat kawan-kawan yang menggunakan gopaylater dan sampai sekarang bermasalah dan tidak bayar . jangan heran nanti kalau mau mengajukan KPR atau kredit mobil susah. karena sekarang Gopaylater ternyata pake fasilitas dari bank jago untuk pembiayaan gopaylater jadi segala transaksinya tercatat di OJK dan mempengaruhi kredit scoring kita .

saat kita minta data BI checking lwt OJK semua data transaksi kita akan terlihat termasuk semua pembiayaan dari fasilitas gopaylater.

Jadi jangan teriak2 Goto rugi terus kalau anda masih nunggak bayaran gopaylater. Anda juga yg menjadikan goto susah profit.

$GOTO $IHSG $ARTO

Read more...

$IHSG
Lanjutan: https://stockbit.com/post/9570824

Financial Data dan Ratio
My Index September 24/09/22

Kriteria:
1. Periode laporan keuangan terakhir 30/6/2022 = 720 dari 809 Emiten
2. Equity Positive = 685 Emiten
3. Net Income YTD 100 B Rp atau lebih = 219 Emiten
4. DER (Liabilities/Equity Ratio) <=1.01 = 126 Emiten
5. DCR (Liabilities/Cash Ratio) <= 1.01 = 26 Emiten
6. Urutan sesuai NIER (Net Income/Equity Ratio) tertinggi
7. Chart Memory ada ruang TP = 2x Entry; SL Mental: 9 Emiten

😎

Edit: *Koreksi

Read more...

bosen juga sama isi bursa yang itu itu aja ..
$IHSG

$MBTO kenapa saham ini ga ada yang lirik ya? Padahal kalau dilihat sekarang (menurut opini saya) perempuan sudah banyak yang mulai pakai makeup dan perawatan muka ataupun ke spa.. dan terlihat sudah sideways yang cukup lama..

Mau masuk tapi bingung..


Random tag : $WIRG $GOTO $IHSG $BBCA

[BERITA IHSG 24 SEPTEMBER 2022]
Bergabung Telegram Cek Bio! 💰

IHSG BERHASIL MENGUAT❗️
Bursa Efek Indonesia (BEI) perdagangan sepanjang pekan terakhir cukup variatif. Periode 19-23 September 2022, Indeks Harga Saham Gabungan ($IHSG) tercatat menanjak tipis. Tepatnya, naik 0,14 persen menjadi 7.178,583 dari posisi penutupan pekan sebelumnya 7.168,870.

Selanjutnya, kapitalisasi pasar bursa mengalami koreksi 0,02 persen menjadi Rp9.424,932 triliun dari minggu sebelumnya Rp9.426,531 triliun. Rata-rata volume transaksi harian bursa mengalami penurunan 12,13 persen menjadi 28,070 miliar saham dari pekan sebelumnya 31,946 miliar saham.

Kemudian, rata-rata frekuensi transaksi harian bursa turut mengalami penyusutan 14,97 persen menjadi 1.343.102 kali transaksi dari periode pekan sebelumnya 1.579.486 kali transaksi. Rata-rata nilai transaksi harian drop 30,90 persen  menjadi Rp14,133 triliun dari pekan sebelumnya Rp20,453 triliun. 

Pada perdagangan Jumat, 23 September 2022, investor asing mencatat nilai jual bersih sebesar Rp768 miliar. So, dengan data dan fakta terbaru itu, sepanjang 2022 investor asing telah mencatat beli bersih sebesar Rp72,334 triliun.

[AKSES REKOM TERBAIK DI BIO YA..🚀]

Analisa kembali, bukan ajakan membeli dan hanya opini disc on

$SLIS $BUMI $PGAS $COAL

Read more...

mau nanya dong,

1. kenapa ada saham yang revenuenya besar tp eps nya kecil?
ex. saham abcd revenue per share-nya 1000 tp epsnya cuma 40? dpsnya jg kecil

2. kenapa ada saham yg epsnya kecil misal 80 tp bs bagi dividend yg lbh besar misal 190? jd dprnya 200%

sebelumnya makaciih

$IHSG $BSSR $PTBA $MPMX $ADRO

Balik mundur ke tahun 2015.

Waktu itu, Ibu saya menderita sebuah penyakit. Penyakit ini menyebabkan harus ada tindakan operasi. Sementara, saat itu saya masih bersekolah, tepatnya kelas 12. Saya mulai menjalani PKL (Praktek Kerja Lapangan) karena saya bersekolah di SMK. Saat itu saya PKL di Depok untuk anak usaha Telkom (TLKM), terkait project migrasi layanan IndiHome.

Operasi, meskipun waktu itu ditanggung oleh kantornya, namun membuat beliau berhenti bekerja sementara. Sementara, bolak balik Jakarta Depok tentu perlu ongkos. Dengan dana tersisa yang ada di kantong Ibu saya, saya tetap menjalaninya. Untungnya ada KRL yang menekan biaya transportasi cukup signifikan. Syukurnya, Ibu saya bisa pulih kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Yang tidak kami sangka setelah itu, tempat bekerja beliau menghadapi tantangan. Transportasi online mulai menyerbu Indonesia dan menekan bisnis perusahaan ini. Kompetisi harga dan friksi friksi yang terjadi di lapangan membuat pro kontra. Puncaknya, demo yang cukup melumpuhkan Jakarta dan diikuti oleh banyak angkutan umum. Tuntutannya 1 : tertibkan dan buat aturan untuk Gojek, Grab dkk!

Inilah secuplik cerita tentang emiten tempat bekerja Ibu saya yang cukup sering dibahas di forum forum saham : BIRD atau Blue Bird.

(topik soal BIRD lainnya ada di postingan tanggal 8 Agustus 2021, mengenai status "first mover" BIRD)

=====

Sejak ada Gojek, Grab dkk, kehidupan keluarga saya menjadi challenging. Susahnya mencari penumpang karena kompetisi ketat menjadi alasannya. Hasilnya, uang yang beliau bawa jadi tak sebanyak dulu (beliau bekerja sejak akhir 2010). Hal itu juga berlaku di BIRD. BIRD sempat limbung dan menghadapi penurunan kinerja yang drastis di periode 2016-2017.

Selain penumpang, "bedol desa" driver BIRD saat itu juga ikut menambah tantangan. Bukan sekali Ibu saya ditawarkan masuk Grab (karena saat itu si Grab agresif cari supir baru). Sudahlah pendapatan menurun, jumlah drivernya pun juga ikutan turun. Jadilah manajemen, yang saat itu dipimpin pak Purnomo Prawiro, generasi kedua keluarga pendiri BIRD, benar benar bekerja keras menyelamatkan BIRD.

Fenomena di atas yang dalam ruang akademis bisnis disebut disrupsi diglorifikasi di periode yang sama oleh pengamat seperti Rhenald Kasali. Bahkan, beliau menerbitkan buku berjudul Disruption dan menceritakan BIRD sebagai contoh disrupsi tersebut. Uniknya, saya beli pula bukunya 🤣🤣

Ngomongin bukunya beliau, ada kisah dari bukunya yang flop. Kisah itu adalah kisah kesuksesan disrupsi diri sendiri berupa perubahan bisnis MDRN (Modern International) yang dulunya distributor Fuji Film menjadi retail belanja 7 Eleven. Ada yang pernah denger nama ini? Yes, 7 Eleven pada masanya sangat agresif menambah cabang melebihi Indomaret dan Alfamart (AMRT). Padahal capexnya lebih mahal dan cabangnya lebih besar dari minimarket. 7 Eleven kini sudah hilang.

(topik MDRN enaknya saya bahas detail di post terpisah)

Kembali ke BIRD. BIRD cukup beruntung bisa bertahan dalam situasi sulit tersebut, saat kebanyakan taksi - termasuk Express (TAXI) - terhuyung. Selain pengelolaan keuangan yang konservatif, posisi BIRD sebagai market leader cukup menguntungkan. Inilah yang juga membuat BIRD tetap kompetitif disaat Grab dan Gojek "mengevaluasi diri" (baca : diskon mulai dikurangi dan komisi supirnya tidak sebesar dulu) karena mau menjadi perusahaan publik.

Tuntutan bisnis kepada mereka makin kuat karena sudah banyak waktu untuk akuisisi, diskon dan cashback. Sementara, uncertainty bisnis mereka menguat karena belum mampunya mencetak cash flow positif. Disrupsi yang mereka unggulkan saat ini diuji. Akhirnya, mereka sekarang lebih berfokus pada membangun ekosistem dan fitur beragam, sambil cap cip cup siapa tau ada yang bikin mereka cepat untung.

Saat itulah, banyak yang diubah BIRD. BIRD memperbaiki appsnya, bekerja sama dengan Gojek hingga melakukan pembenahan teknologi dan penambahan layanan. Generasi ketiga keluarga pendiri (Noni Purnomo, Andre dan Sigit Djokosoetono) mulai banyak berperan, dimana Andre dan Sigit berfokus masing-masing di bisnis taksi dan non taksi.

BIRD memang tak sama lagi seperti dulu, namun lanskap bisnis transportasi saat ini lebih wajar dan BIRD (seharusnya) bisa menangkap peluang. Pendapatan Ibu saya, yang meski tak lagi sama seperti dulu, namun jauh lebih stabil dan semoga membaik kedepannya.

NB : Resiko BIRD ada 2. Karena bisnis mereka adalah bisnis keluarga, maka budaya inovasinya berbeda dibandingkan perusahaan profesional. Selain itu, adanya gugatan hukum dari pihak yang mengaku sebagai keluarga pendiri BIRD. Gugatan ini sebenernya sudah sering dilayangkan sejak lama dan gagal di meja hijau. Meski kalau melihat sejarahnya, saya cukup percaya kasus ini tak berdampak signifikan terhadap BIRD.

Postingan terkait angka angka dan penelusuran lainnya ada di https://cutt.ly/cVEM4Eg
https://cutt.ly/KVEM4O2

Topik mengenai saham, investasi dan bisnis lainnya bisa cek dan follow Instagram dan Tiktok @plbkrinaliando.

$IHSG $BIRD $ASSA $GOTO $GIAA

Read more...

$IHSG

Halo para Ahli resiko Bursa Saham Indonesia dan Dunia... Have you learn something?

Resiko beli emiten pada Market bisa dinilai dari banyak hal, tapi mungkin yang terpenting adalah Drawdown. Suatu emiten yang naik 1000% tapi turun 90% adalah sangat beresiko, dan ini dimiliki hampir setiap emiten dalam sejarahnya. Oleh karena itu, mari mengingat kembali apa itu resiko, sebelum terjun ke Bursa Saham dan Market jenis apapun. 😁

All In boleh saja tetapi (sebaiknya) hanya 10% aset Anda (atau porsi kecil saja) dalam bentuk Cash. Pengalaman menjadi kekuatan, namun bukan jaminan hasil apapun.

Mari renungkan kembali:
Siapa yang benar Ahli? Siapakah yang pantas disebut Ahli? 🤭🤣

Note:
Thanks for @FusionptCapital Twitter
Kenapa "hanya" harga jus jeruk yang naik?
Postingan jus jeruk: https://stockbit.com/post/9467298

🤣🤣🤣

Read more...

$BIPI ini emiten mau diapain? Yang analisa kearah positif banyak , yang nebar fear juga banyak , kalau emang mau ngasih sudut pandang cobalah untuk lebih netral , dengan begini jadi lebih sehat market $IHSG yang sekarang kebanyakan isi nya malah kebalikan . Maksudnya kalau nebar fear mungkin itu oknum telat nyerok atau mau ambil harga bawah , begitu juga yang nebar positive news, mana tau itu oknum pucukers yang mau ngajak ritel rame2 buat ambil emiten nya biar pas udah balik ke avg nya oknum tersebut bisa keluar, dari dulu juga begini cara main nya , jangankan II .., broker2 lain emang beda nya apa? Hahahaha , sama aja semua berharap cuan mana ada broker / ritel yang berharap rugi , aneh pemikiran nya ,kalau kalian mau trading / scalping bebas deh ikutin pompomers atau kang tebar fear , in & out cepet ,cuan juga ga seberapa , milenials sekarang jarang ada yang punya tekat value investing , mau nya cuan cepat , yah kalau saya mending 1 big win covers all the loss sih dibanding 1000 small win destroyed by 1 big loss , capek waktu tenaga pikiran 😂

Read more...

Selamat buat yg yakin dengan saran gw.

random tag $IHSG $PGAS $MDKA $SULI $DEWA

who's better? $DILD vs $MDLN
$IHSG

Bsrhati-hatilah dengan pemimpin perusahaan yang suka berfoya-foya terutama yang suka bermain perempuan.. lebih baik kita tarik investasi kita . daripada kita rugi semakin banyak.
$IHSG

cara screening saham berdividend tinggi gimana ya?

$IHSG $INDY $SMSM $DMAS $PTBA

@bamzat $WINS $IHSG $SOCI $MEDC

Hati- hati semua retailer dan investor newbie.

Kalian lihat volume transaksi harian di kolom bawah yang menunjukan proses digorengnya saham sampai naik 80%. Itu jumlahnya kecil sekali, hanya belasan milyar sampai 20 milyar saja. Itu uang kecil untuk bandar dengan follower 100 ribu orang. Kalian pasti akan dikarungin saat dia distribusi. Secara teknikal juga sudah jauh di atas batas jenuh beli bollinger bands.

Secara fundamental juga tidak ada yang menarik. Lebih mending Medco atau Elsa sekalian, masi bagi dividen.

Ingat ini oleh bamzat sudah diwarning juga.

Jangan mau dikarungin sama Mr B.

It's too late untuk dikejar. Kalian masuk sekarang risk and rewardnya tidak sebanding.

Read more...
Daftar