#LUPAKALAH

Sebagai penggemar AC Milan, beberapa bulan ini terasa menyenangkan. Tim bersejarah yang menjadi tim medioker di seri A ini tiba2 menjadi super ganas dan menakutkan setelah kompetisi dimulai kembali after covid-19.

Milan menjadi tim tidak terkalahkan dan menjadi tim paling produktif di seri A after covid-19.

Hal ini membuat banyak fans milan (yg kemungkinan umur 30 keatas) mulai bangga dengan klub kesayangannya ini sampai muncul candaan para fans milan LUPA KALAH. Karena milan ga kalah2.

Sebelas dua belas dengan fans AC milan, fans IHSG juga merasakan animo luar biasa. Mayoritas investor yang berani beli saham di maret lalu hampir pasti merasakan profit yang baik.

Jangankan 10-30% dalam hold period 3 bulan itu. Saya cukup yakin ada member stockbit yang dapat 100-300% dalam 3 bulan itu.

IHSG dari bulan maret itu di 3900 sudah naik ke 5100. Ini kenaikan diatas 30% dalam waktu 4 bulan. Sebuah kenaikan yang LUAR BIASA.

Tidak heran pelaku market akan melihat $IHSG bergerak 1 arah, yaitu uptrend. Dan seakan-akan menjadi LUPA DOWNTREND seperti halnya milanisti.

Saya pernah buat tulisan tentang periode baik investor dan periode baik trader di link https://bit.ly/3bTzYaV

Dimana itu saya melakukan riset kecil dari data IHSG 30 tahun terakhir yg bs saya dapatkan. Ada keunikan di bulan agustus dan september.

Dimana kedua bulan itu peluang IHSG turun >=60%. Ini merupakan probabilitas yang cukup besar. Dimana bulan agustus paling mencolok dengan peluang IHSG turun 63% dengan rata2 IHSG turun - 3.33% di bulan tersebut.

Hari ini hari terakhir bulan July dan minggu depan kita akan masuk ke bulan Agustus. Sehingga saya mengangkat lagi tulisan ttg "PELUANG" yang bisa kita dapatkan di bulan tersebut.

Tapi itu cuma data, harus ada alasan lebih realistis kenapa market akan turun di bulan Agustus. Maka saya coba pikirkan beberapa alasan logis:
1. Jika bursa sudah naik begini tinggi, apalagi sahamnya. Bayangkan saja dengan dengan mengalami kejatuhan yg begitu MENYERAMKAN di tahun ini ketika IHSG dari 6300 jatuh ke 3900 (pembulatan keatas). Dengan IHSG saat ini "cuma" di 5100, profitabilitas saya saat ini sudah lebih baik secara persentase dibandingkan ketika IHSG masih 6.300. Hal ini karena saham yg dibeli ketika Market crash kemaren naiknya luar biasa. Kayanya yg dibeli ketika market crash kemarin tidak ada yg dibawah 30% profit yg dihasilkan. Ooohh sori ada $BBRI yang belum sampai 30% karena saya averagenya agak dapat di harga tinggi sekitar 2600an. Profit yg didapatkan dari ketika market crash kmrn luar biasa hingga mengalahkan floating loss saham2 yg jatuh sadis yg dibeli di tahun sebelumnya.

2. Lalu untuk tahun2 biasa yg market tidak anomali seperti sekarang, kenapa bulan Agustus bursa turun? Saya juga coba mengumpulkan informasi tapi sayangnya tidak mendapatkan hal yang meyakinkan. Ada yang bilang di bulan agustus - november banyak fund manager yg sedang butuh uang untuk mempersiapkan liburan akhir tahun, sehingga mereka banyak memberikan rekomendasi jual sehingga mereka bisa mendapatkan komisi transaksi. Tapi sejujurnya walau saya mendapatkan reason ini dari buku yg dikarang oleh salah satu investor yang saya suka (Peter Lynch). Ini masih belum bisa memuaskan logika saya.

Kalau dari sudut pandang pribadi saya:
Mari kita lihat kembali ke link https://bit.ly/3bTzYaV

Dimana sangat mencolok di bulan desember IHSG rata2 naik 4% dengan peluang kenaikan 87%!!!!!!!

Itu angka persentase kenaikan yang BESAR dan peluang kenaikan yang juga BESAR. Kenapa desember naik? Tentu para fund manager perlu memberikan rapot yang baik sehingga mereka perlu menaikan imbal hasil return mereka. Caranya dengan BUY saham ketika MURAH.

Artinya Desember itu terjadi kenaikan kalau dibantu dengan market memberikan harga MURAH sebelumnya. Fund manager butuh buang koleksi mereka di saham2 nakal mereka dan kembali mengumpulkan saham2 qualified mereka mendekati akhir tahun.

Jadi apakah saya pesimis bulan depan IHSG akan hijau kotos kotos? Ya. Saya di positioning IHSG akan downtrend untuk 2 bulan kedepan.

Turun sampai harga IHSG berapa? Menurut saya digit depan ganti dari 5 ke 4. Mungkin akan turun mendekati 4.850 - 4.865. (temen2 trader mgkn bs melihat ada titik support di situ kalau saya hitung penurunan 4-5% dari harga yang kebetulan sama dengan titik support itu).

Apakah saya pesimis dengan kondisi ekonomi global dan kondisi IHSG? Tidak, justru saya optimis. Saya hanya bilang 2 bulan kedepan IHSG akan turun dan saya bilang IHSG di bulan desember akan naik tinggi. IHSG di akhir tahun akan lebih tinggi dari IHSG hari ini klo di pandangan saya. Bahkan di pandangan saya IHSG akan naik gila2an di tahun depan 2021.

Jadi tanggal hari pertama perdagangan agustus IHSG akan turun? Ga tau, tapi akhir agustus akan lbh rendah dari end of july menurut saya.

Tulisan ini bukan bermaksud untuk memberikan message pesimis terhadap bursa kita. Saya justru optimis bursa kita akan bs naik lebih tinggi dari sekedar 5.100 saat ini. Tapi ada saat nya kita harus membiarkan IHSG untuk istirahat sejenak sebelum beliau lari lebih kencang lagi di akhir tahun.

Maksud tulisan saya mungkin cuma mengajak jangan over confident untuk terus membeli saat ini. Nanti justru pas market ada memberikan fase diskon justru kehabisan dry powder. Karena ini adalah kesempatan diskon terakhir sebelum bursa naik luar biasa di akhir tahun dan tahun depan menurut pandangan saya pribadi. Karena di tahun depan doain IHSG balik lg ke digit 4 adalah hal yg sulit. So enjoy the party

-THOWILZ-



Read more...